"...SELAMAT DATANG DI BLOG HARIADI ALMALAY..."

Photo

Photo
Senin, 06 Desember 2010

Pendekatan Pengembangan Sistem


1. Pendekatan Daur Hidup Pengembangan
Sistem (SDLC)

Biasanya, personal pengembangan sistem sudah memikirkan bagaimana tahapan utama proses pengembangan sistem dilakukan dalam siklus hidup. Pendekatan siklus hidup muncul dari usaha dini untuk menerapkan teknik manajemen proyek untuk proses pengembangan sistem.Menurut sejarahnya, banyak sistem yang dibangun dengan biaya tinggi, evaluasi ekonomi yangtidak cukup, desain sistem yang tidak cukup, penyerahan kepada manajemen, komunikasi yang kurang baik, pengarahan yang kurang cukup, dan lain sebagainya.

Pendekatan siklus hidup di kembangkan untuk memba ntu beberapa masalah. Yang dapat di selesaikan dengan baik oleh tugas dalam batas siklus hidup, manajemen proyek dan teknikkontrol dapat di aplikasikan.Untuk pengembangan sistem dengan kualitas yang baik, setiap tahap siklus hidup harusdirencanakan dan di kontrol dan dikembangkan sesuai dengan standar, dokumentasi yangcukup, diorganisir oleh personel berkompeten, mempunyai poin pengecekan dan lainsebagainya.Banyak bentuk SDLC, salah satunya adalah seperti terlihat pada gambar Siklus hidup tradisional atau model waterfall pengembangan sistem

2. Pendekatan Desain Sosioteknik

Pendekatan Desain Sosioteknik dapat digambarkan sbb :

Pada pertengahan tahun 1970, sebuah pendekatan baru muncul yang fokusnya pada problem perilaku. Pendekatan ini disebut desain sosiotechnical, mencari solusi untuk mengoptimalkan dua sistem secara bersama-sama, yaitu :
1. sistem teknik (the technical system), sasarannya adalah untuk memaksimalkan pemenuhan
tugas
2. sistem social (the social system), sasarannya adalah untuk memaksimalkan kualitas kerja
pemakai sistem

Gambar tahapan pendekatan sosiotechnical adalah sbb :


3. Pendekatan Politik

Berikut adalah gambar pendekatan politik dapat digambarkan sbb :

Sewaktu pendekatan politik untuk pengembangan sistem informasi diadopsi, sebuah tugas kritis adalah untuk mempelajari latar belakang (sejarah) organisasi. Dalam mempelajari latar belakang organisasi, perancang dapat mengevaluasi apakah sistem yang diinginkan akan tetap sama seperti sistem yang sedang berjalan ataukah mengharuskan untuk mengadakan perubahan struktur. Strategi pengembangan dan implementasi harus diganti atau tidak tergantung pada dampak dari sistem yang diajukan akan mempunyai kekuatan untuk mengubah struktur sistem yang sedang berjalan atau tidak.

4. Pendekatan Soft-System

Pada pertengahan tahun 1970, Checkland(1981) dan koleganya pengembangkan pendekatan yang didesain untuk membantu pengambil keputusan untuk mempelajari tentang dan pemahaman yang lebih dari problem struktur yang kurang baik. Mereka menyebutnya pendekatan “soft-system methodology” (SSM). Disebut SSM karena fokusnya pada learning (pembelajaran) dan innovation (inovasi) pada situasi masalah (problem). Mereka membedakan pendekatan mereka dari pendekatan "hard system" dengan asumsi itu (terutama sekali pembuat keputusan) mempunyai tujuan spesifik dan memahami substansi solusi masalahnya.

SSM melibatkan tujuh langkah yaitu :
1. Recognize the problem situation (pengenalan terhadap situasi masalah)
2. Example of problem situation (contoh dari situasi masalah)
3. Produce root definitions of relevant systems (definisikan hasil utama sistem yang
elevan)
4. Develop conceptual models of relevant systems (kembangkan model konseptual system
yang relevan)
5. Compare conceptual models with problem situation (Bandingkan model konseptual
dengan situasi masalah)
6. Identify desirable and feasible changes (identifikasi keinginan dan perubahan yang
mungkin)
7. Take action to improve situation (lakukan aksi untuk perbaikan situasi)

5. Pendekatan Ketidaktentuan (Contingency)

1. Dampak Sistem sosial (Social Systems Impact)
2. Dampak Sistem Tugas (Task Systems Impact)
3. Ukuran Sistem (System Size)
4. Penggunaan komponen sama (Commonality)
5. Ketidakpastian Kebutuhan (Requirement Uncertainty)
6. Ketidakpastian Teknologi (Technological Uncertainty)

0 komentar:

Posting Komentar