"...SELAMAT DATANG DI BLOG HARIADI ALMALAY..."

Photo

Photo
Senin, 06 Desember 2010

Pendekatan Pengembangan Sistem


1. Pendekatan Daur Hidup Pengembangan
Sistem (SDLC)

Biasanya, personal pengembangan sistem sudah memikirkan bagaimana tahapan utama proses pengembangan sistem dilakukan dalam siklus hidup. Pendekatan siklus hidup muncul dari usaha dini untuk menerapkan teknik manajemen proyek untuk proses pengembangan sistem.Menurut sejarahnya, banyak sistem yang dibangun dengan biaya tinggi, evaluasi ekonomi yangtidak cukup, desain sistem yang tidak cukup, penyerahan kepada manajemen, komunikasi yang kurang baik, pengarahan yang kurang cukup, dan lain sebagainya.

Pendekatan siklus hidup di kembangkan untuk memba ntu beberapa masalah. Yang dapat di selesaikan dengan baik oleh tugas dalam batas siklus hidup, manajemen proyek dan teknikkontrol dapat di aplikasikan.Untuk pengembangan sistem dengan kualitas yang baik, setiap tahap siklus hidup harusdirencanakan dan di kontrol dan dikembangkan sesuai dengan standar, dokumentasi yangcukup, diorganisir oleh personel berkompeten, mempunyai poin pengecekan dan lainsebagainya.Banyak bentuk SDLC, salah satunya adalah seperti terlihat pada gambar Siklus hidup tradisional atau model waterfall pengembangan sistem

2. Pendekatan Desain Sosioteknik

Pendekatan Desain Sosioteknik dapat digambarkan sbb :

Pada pertengahan tahun 1970, sebuah pendekatan baru muncul yang fokusnya pada problem perilaku. Pendekatan ini disebut desain sosiotechnical, mencari solusi untuk mengoptimalkan dua sistem secara bersama-sama, yaitu :
1. sistem teknik (the technical system), sasarannya adalah untuk memaksimalkan pemenuhan
tugas
2. sistem social (the social system), sasarannya adalah untuk memaksimalkan kualitas kerja
pemakai sistem

Gambar tahapan pendekatan sosiotechnical adalah sbb :


3. Pendekatan Politik

Berikut adalah gambar pendekatan politik dapat digambarkan sbb :

Sewaktu pendekatan politik untuk pengembangan sistem informasi diadopsi, sebuah tugas kritis adalah untuk mempelajari latar belakang (sejarah) organisasi. Dalam mempelajari latar belakang organisasi, perancang dapat mengevaluasi apakah sistem yang diinginkan akan tetap sama seperti sistem yang sedang berjalan ataukah mengharuskan untuk mengadakan perubahan struktur. Strategi pengembangan dan implementasi harus diganti atau tidak tergantung pada dampak dari sistem yang diajukan akan mempunyai kekuatan untuk mengubah struktur sistem yang sedang berjalan atau tidak.

4. Pendekatan Soft-System

Pada pertengahan tahun 1970, Checkland(1981) dan koleganya pengembangkan pendekatan yang didesain untuk membantu pengambil keputusan untuk mempelajari tentang dan pemahaman yang lebih dari problem struktur yang kurang baik. Mereka menyebutnya pendekatan “soft-system methodology” (SSM). Disebut SSM karena fokusnya pada learning (pembelajaran) dan innovation (inovasi) pada situasi masalah (problem). Mereka membedakan pendekatan mereka dari pendekatan "hard system" dengan asumsi itu (terutama sekali pembuat keputusan) mempunyai tujuan spesifik dan memahami substansi solusi masalahnya.

SSM melibatkan tujuh langkah yaitu :
1. Recognize the problem situation (pengenalan terhadap situasi masalah)
2. Example of problem situation (contoh dari situasi masalah)
3. Produce root definitions of relevant systems (definisikan hasil utama sistem yang
elevan)
4. Develop conceptual models of relevant systems (kembangkan model konseptual system
yang relevan)
5. Compare conceptual models with problem situation (Bandingkan model konseptual
dengan situasi masalah)
6. Identify desirable and feasible changes (identifikasi keinginan dan perubahan yang
mungkin)
7. Take action to improve situation (lakukan aksi untuk perbaikan situasi)

5. Pendekatan Ketidaktentuan (Contingency)

1. Dampak Sistem sosial (Social Systems Impact)
2. Dampak Sistem Tugas (Task Systems Impact)
3. Ukuran Sistem (System Size)
4. Penggunaan komponen sama (Commonality)
5. Ketidakpastian Kebutuhan (Requirement Uncertainty)
6. Ketidakpastian Teknologi (Technological Uncertainty)

Minggu, 05 Desember 2010

KISI-KISI MA ISI ISI PSI

1. Fase utama PSI yaitu :
Jawab : - Fase Analisis
-Fase Desain
-Fase Pelaksanaan

2. Fase Tambahan pada PSI adalah

Jawab : -Fase Penyamaan Proyek
-Fase Dukungan

3. Aktifitas pada masing-masing fase ?

Jawab :
a. Fase Planing
-Mendefinisikan masalah
-Konfirmasi kelayakan proyek
-Menghasilkan jadwal proyek
-Staf proyek persyaratan
-Peluncuran proyek


b. Fase Analisis
-Kumpulkan informasi
-Tentukan persyaratan sistem
-Membangun prototype untuk penemuan
-Prioritaskan persyaratan
-Menghasilkan dan mengevaluasi alternative
-Review rekomendasi dengan manajemen

c. Fase Desain
-High Level
*Desain dan menintegrasikan jaringan
*Desain arsitektur aplikasi

-Low Level Design

*Desain user interface
*Desain sistem interface
*Mengintegrasikan Database
*Prototype untuk detil Desain
*Mengintegrasikan sisten control

d. Fase Implementasi
-Membangun komponen perangkt lunak
-Verifikasi dan uji
-Mengkonversi data
-Melatih pengguna dan sistem
-Mengisntal sistem

4. Contoh factor telos dan PDM (PG nya ADA 7 SOAL CUY )
Jawab : Sebelum kita membuat contoh telos dan PDM, kita jabarin pengertian nya terlebih dulu

FAKTOR KELAYAKAN (TELOS):

Technical Menunjukkan apakah sistem yg diusulkan dapat dikembangkan dan diterapkan dengan menggunakan teknologi yang ada atau jika membutuhkan teknologi baru
Economic
Menunjukkan apakah dana yg memadai tersedia untuk mendukung biaya dari sistem yg diusulkan
Legal
Menunjukkan apakah ada konflik antara sistem yang sedang dipertimbangkan dan kemampuan perusahaan untuk menunaikan kewajibannya
-- Operational Menunjukkan apakan prosedur dan ketrampilan personalia yg ada cukup untuk mengoperasikan sistem yg diusulkan atau apakah prosedur dan ketrampilan tambahan akan diberikan
Schedule
Sistem yg diusulkan harus berlaku dalam suatu kerangka waktu yang logis


FAKTOR STRATEGIK (PDM) :
Produktivitas. Mengukur jumlah output yang dihasilkan dari input. Tujuan untuk mengurangi atau menghapus biaya yang tidak menambah nilai. Diukur dengan RATIO, misal total biaya tenaga kerja mingguan dibandingkan dengan jumlah unit yang dihasilkan selama seminggu atau jumlah bahan mentah yang masuk selama seminggu dibandingkan dengan jumlah barang jadi yang dihasilkan selama seminggu.

Diferensiasi. Mengukur seberapa baik suatu perusahaan dapat menawarkan produknya atau pelayananan yang secara nyata tidak serupa dengan jenis dan sifat dari produk dan pelayanan para pesaingnya. Dicapai melalui peningkatan kualitas, keanekaragaman, penanganan khusus, pelayanan cepat, biaya rendah dan sebagainya.

Manajemen. Menunjukkan seberapa baik sistem informasi menyediakan informasi untuk membantu para manajer dalam perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan.

Contohnya :
1. Kita akan dapat mengalahkan pesaing dengan memberikan pelanggan kita pelayanan online untuk pesanan mereka (PDM DIFERENSIASI)
2. Tujuan sistem baru kita adalah memberikan kepada para eksekutif dengan trend atau perubahan dalam demografi manajemen pasar,sehingga mereka dapat membuat keputusan strategis (PDM MANAJEMEN)
3. Pada saat ini manajemen tidak bersedia menyediakan ekonomi dana untuk pengembangan suatu sistem pemasaran online (TELOS EKONOMI)
4. Data medis khusus yang akan disimpan dalam database baru sangat peka.Akses penyebaran data yang tidak sah . ( TELOS LEGAL)
5. Kita tidak dapat menunggu 6 bulan untuk penggunaan aplikasi,kita memerlukan pada tanggal 1 bulan depan. (TELOS SCHEDULE)
6. Apa yang anda sampaikan terlalu kompleks dan rumit untuk dimengerti oleh para karyawan,mereka memerlukan sesuatu yang lebih sederhana (TELOS OPERATIONAL)
7. Sistem itu akan menghubungkan para pemasok dan pelanggan kita dengan sistem manajemen persediaan. Ini akan menyebabkan pegawai tidak perlu memasukkan data sehingga mengurangi waktu kerja 60% (PDM PRODUKTIVITY)

5. Jelaskan tentang tekhnik BPA, BPI dan BPR ( PG nya ADA 8 SOAL CUY) ?
Jawab :
A. BPA (Bussi ness process automation)
*Tujuan : Efisiensi bagi user
*Prsoses : Memahami system (understand) Memilih tekhnik analisis yang mana (identify improvement opurtunities) Mengembangkan system yang ada .
* Problem Analisis :
- Bertanya ke user untuk mengidentifikasi masalah dan solusinya
- Pengembangan skala kecil dan bertahap lebih memfokuskan bagaimana cara mengembangkan sisi sitem yang meningkatkan bisnis value ( keuntungan )

*Root Cause Analisis

- Melihat berbagai asumsi mengapa /alas an terjadinya masalah
- Menelusuri asumsi asumsi untuk menemukan akar permasalahan

B. BPI (Bussiness Process Improvement)
*Tujuan : Efisiensi dan efektivitas bagi user
*Proses : Sama seperti BPA
*Durasi Analisis :
- Menghitung waktu masing-masing fase
- Menghitung waktu keseluruhan fase
- Membandingkan kedua-duanya jika perbedaan jauh
- Mengindikasikan penjadwalan yang tidak baik
Solusi :
a. Proses integrasi
Ubah proses dengan menambah orang atau jumlah orang tewUbah proses dengan menambah orang atau jumlah orang tetap, tanggung jawab lebih.
b. Paralelization
Ubah proses yang kira-kira bisa dijalankan simultan

*Activity Base Costing

- Menghitung biaya masing masing step/fase
- Menghitung biaya keseluruhan
- Mengidentifkasi fase mana yang paling mahal

Fokus ke benchmarking yaitu Mempelajari cara organisasi lain melakukan proses bisnis yang sama.
Informal Bench Marking :
- Melihat proses menghadapi customer
- Berinteraksi dengan perusahaan sebagai customer

C. BPR (BUSSINESS PROSESS REENGINEERING )
*Tujuan : Mendesign ulang bisnis proses dari sistem lama.
*Outcome Analysis :
- Pertimbangkan hasil yang diinginkan dari perspektif pelanggan
- Pertimbangkan apa yang organisasi dapat memungkinkan pelanggan untuk dilakukan
*Technology Analysis :
-Daftar analis teknologi penting dan menarik
-Manajer daftar teknologi yang penting dan menarik
-Kelompok ini mengidentifikasi bagaimana masing-masing bisa diterapkan untuk bisnis dan bagaimana bisnis yang akan diuntungkan
*Activity Elimination :
-Mengidentifikasi apa yang akan terjadi jika setiap kegiatan organisasi telah dieliminasi
-Gunakan "force-fit" untuk menguji semua kemungkinan

6. Difase analisis design ada yang dikatakan fungsional requirement dan non fungsional requirement ,Jelaslan artinya ?
Jawab :
Functional requirements
- Kegiatan sistem harus dilakukan
- Sistem informasi harus dijaga
- Berdasarkan prosedur dan fungsi bisnis
- Didokumentasikan dalam model analisis

Non-functional requirements
- Menjelaskan lingkungan operasi atau kinerja sasaran
- Kategori: keamanan, kinerja, kegunaan, keandalan, teknis
- Didokumentasikan dalam deskripsi naratif persyaratan teknis
- Pikirkan persyaratan tentang non-fungsional sebagai: segala sesuatu sistem

7. Sebutkan contoh dari aspek-aspek non fungsional sistem dilihat dari kategori security,performance,technical dan usability ?
Jawab :
Performance
- Diperlukan throughput (transaksi / menit)
- Diperlukan waktu respon (2 detik) Sistem harus mendukung 100 pengguna bersamaan
Sistem harus tersedia untuk digunakan dari 07:00 - 09:00 setiap hari.

Security

- Pengguna harus memberikan nama pengguna dan sandi untuk mengakses sistem
- Pengguna hanya dapat melihat account bagi pelanggan mereka bertanggung jawab
- Pengguna di Cabang X Oly dapat melihat pelanggan mereka, tidak Cabang Y dan X

Technical
-Java merupakan bahasa pemrograman
-Oracle adalah DBMS
-Servers will be NT based

Usability
-akses Klien akan melalui browser web

Reliablity
- Sistem harus tersedia 96% dari waktu yang normal

8. Apa perbedaan Design and Integrate the Network, Design the Application Architecture, Design the User Interfaces, Design the System Interfaces, Design and Integrate the Database, ?
Jawab :
Design and Integrate the Network
- Jaringan spesialis membangun jaringan berdasarkan rencana strategis
-Tim proyek biasanya mengintegrasikan sistem ke jaringan yang ada
-persyaratan teknis harus dilakukan dengan komunikasi melalui jaringan
-Masalah teknis ditangani oleh para spesialis jaringan:
Kehandalan, keamanan, throughput, sinkronisasi

Design the Application Architecture
-Tentukan bagaimana kegiatan sistem dilaksanakan
-Dijelaskan selama analisis sistem sebagai model logis
-Setelah alternatif desain dipilih, pengolahan komputer rinci dirancang sebagai model - fisik seperti: data fisik diagram alir, bagan struktur, diagram interaksi
-Pendekatan bervariasi tergantung pada lingkungan pengembangan dan penyebaran

Design the User Interfaces
-kualitas User interface merupakan aspek penting dari sistem
-Desain user interface mendefinisikan bagaimana user berinteraksi dengan sistem
GUI: windows, kotak dialog, interaksi mouse Suara, video, perintah suara
-Untuk pengguna dari sistem, user interface sistem
-User interface spesialis: desainer antarmuka, konsultan kegunaan, faktor manusia insinyur

Design the System Interfaces
- Sistem antarmuka memungkinkan sistem untuk berbagi dan bertukar informasi
1. Internal organisasi sistem
2. Antarmuka dengan sistem luar organisasi
3. Baru sistem interfacing dengan aplikasi paket bahwa organisasi telah membeli dan diinstal
-Sistem interface dapat menjadi kompleks
-Organisasi kebutuhan yang sangat khusus keterampilan teknis untuk bekerja pada antarmuka

Design and Integrate the Database

-Sistem analisis data model yang digunakan untuk membuat model basis data fisik
-Koleksi file komputer tradisional, database relasional, dan / atau database berorientasi objek
-persyaratan teknis, seperti waktu respon, menentukan kinerja database kebutuhan
-Desain pekerjaan mungkin melibatkan:
1. Kinerja tuning
2. Integrasi antara database baru dan yang sudah ada

9. Jelaskan tekhnik pengumpulan informasi antara lain requirement, interview,observasi, kuisioner dan dokumen analisis ?
Jawab :
requirement ( menyatakan pandangan tentang apa yang akan dibuat dalam membuat psi )
-Pernyataan sistem apa yang harus dilakukan
-Pernyataan karakteristik sistem harus memiliki
-Fokus pada pengguna bisnis kebutuhan selama fase analisis
-Kebutuhan akan berubah dari waktu ke waktu sebagai proyek bergerak dari analisis ke desain untuk implementasi
- terdiri dari non fungsional dan fungsional

interview
-Paling sering menggunakan teknik
-Langkah-langkah dasar:
Memilih diwawancarai
Merancang Pertanyaan Wawancara
Persiapan Wawancara
Melakukan Wawancara
Post-Wawancara Follow-up

observasi
-melihat proses yang sedang dilakukan
-Pengguna / manajer sering tidak akurat mengingat semua yang mereka lakukan
-Cek validitas informasi yang dikumpulkan dengan cara lain
-Perlu diketahui bahwa perilaku berubah ketika orang melihat
-Mengidentifikasi puncak dan menidurkan periode

kuisioner
-Satu set pertanyaan tertulis, sering dikirim ke sejumlah besar orang
-Mungkin berbasis kertas atau elektronik
-Pilih peserta menggunakan sampel penduduk
-Desain pertanyaan untuk kejelasan dan kemudahan analisis
-Administer kuesioner dan mengambil langkah untuk mendapatkan tingkat respon yang baik
-Kuesioner laporan tindak lanjut

Document Analysis
-Studi materi yang ada menggambarkan sistem yang sekarang
-Formulir, laporan, pedoman kebijakan, bagan organisasi menggambarkan sistem formal
-Carilah sistem informal di penambahan user untuk formulir / laporan dan bentuk tidak terpakai / elemen laporan
-Pengguna perubahan yang ada bentuk / laporan atau non-penggunaan bentuk-bentuk yang ada / laporan menunjukkan sistem kebutuhan modifikasi

CATATAN :

1. Semua jawaban di dapat dari staff site dosenny dan catatan.
2. Untuk soal waktu proses pengembangan psi itu kapan ?? w ngk bsa jawab..mohon bntuannya..hehe
3. Jika ada yang kurang jawabanny atau salah mohon di perbaiki dan share ke anak2..menurut gw udh bnr kok masalhny diambil dari staff site dosenny ma catetan.
4. soal besok PG ..ngk tw juga sich kalo ad essay nya..
5.Kalo ad yang merasa kesulitan ngerjain UTS psi,,jgn lupa ya sharing2 jawabnnya...kpan lgi saling tolong menolongnya..kitakn bntr lagi pisah..hikz..hikz..
6. posisi menentuka prestasi..
7.selamat ujian..semoga sukses..aminnn